Tips Dasar Toys Photography Dengan Kamera Ponsel

Pernah mendengar tentang Toys Photography atau fotografi mainan?

Ketika membaca pengumuman di Facebook grup Kelas Blogger, saya sebenarnya belum tahu mengenai fotografi mainan ini. Basic saya adalah penulis buku dan nge-blog biasanya saya lakukan untuk iseng-iseng aja. Lalu, suami bilang kalau dia juga ingin nge-blog (dan kalau bisa jadi Blogger juga), dia meminta saya mengenalkannya ke teman-teman Blogger, yang kebetulan sebagian besar saya kenal melalui jejaring sosial. Alhasil, saya infokan mengenai Kelas Blogger ke-15 ini dan dia mau ikutan.

Para Peserta Kelas Blogger ke-15
Foto: @matetampan


Jadi, kami pun datang ke acara Toys Photography Kelas Blogger ke-15 yang diadakan hari Sabtu 26 April 2017, di Halaman Gedung Teater, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Acaranya dimulai sekitar pukul 8 pagi dengan pembicara seorang toys photographer, Rahmat Budiman (IG: @matetampan). Di acara ini, Mas Mate membagikan pengalaman dan pengetahuannya mengenai fotografi mainan, termasuk memberi tips-tips keren bagaimana cara menciptakan foto mainan hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

@Matetampan Lagi Bagi-bagi Tips Toys Fotografi
Foto: dok pribadi

Toys photography sebenarnya konsepnya hampir sama dengan fotografi produk, yang dipergunakan untuk menunjukkan kelebihan suatu produk sesuai karakter produk tersebut. Bedanya, di dalam toys fotografi harus ada sentuhan emosi sehingga mainan itu terlihat hidup, tidak hanya menekankan kelebihan produk saja.

Siapa yang Bisa Menjadi Toys Photography?
Biasanya, para kolektor mainan. Tetapi, yang bukan kolektor mainan juga bisa menerapkan tips fotografi ini untuk foto produk.

Jadi, Apa Saja Tips Memotret Mainan Agar Terlihat Bagus dan Hidup?
Lorong Waktu
Foto: dok. pribadi

Waiting for No One
Foto: Instagram @matetampan

Memadukan Dua Figure
Foto; Instagram @matetampan

Mas Mate juga memberikan tips lain di luar tips yang lain, yaitu sering-sering membawa mainan kita ketika jalan-jalan. Kita tidak akan pernah tahu, kapan kita melihat, menemukan, bahkan mendapatkan ide untuk memfoto mainan kita.

"Bisa aja kita lagi jalan-jalan, terus melihat lubang kecil saluran air, Lalu kita berpikir, 'Ah, bagus, nih, kalau dijadikan setting untuk figur mainan kita," kata Mas Mate. Itu sebabnya, ia selalu membawa kotak mainannya ke mana pun. Bahkan ia menunjuk salah satu pohon besar di dekat kami belajar dan sempat berpikir untuk mengambil foto mainannya di sana.

Peserta Asyik Merakit Lego Hadiah dari @BricksIndonesia
Sumber: dok.pribadi


Setelah selesai sesi ini, Mas Mate menyebar beberapa mainan Lego yang disponsori oleh @bricksIndonesia dan mainan dari @polidhouse. Peserta diminta mengambil foto mainan-mainan tersebut dan membagikannya ke media sosial masing-masing dengan memention @bricksindonesia #bricksindonesia serta @polidhouse #polidhouse. Tak lupa tentu saja memention @kelasblogger yang sudah memfasilitasi peserta untuk menambah ilmu keren.

Foto Para Peserta Kelas Blogger ke-15
Sumber: Instagram #kelasblogger15



Label: , , , ,